Selasa, 13 Januari 2009

Mancing Wader, Walau Ikan Kecil Tetap Menyenangkan

Kondisi wilayah di sekitar Yogyakarta banyak yang masih alami, termasuk banyaknya sungai-sungai alami, yang kadang jernih di musim kemarau dan kadang keruh di musim hujan. Kondisi sungai yang masih alami ini memungkinkan potensi ikan-ikan endemi masih banyak. Salah satu ikan endemi yang banyak terdapat di sekitar Jogjakarta ini adalah ikan wader, ya..hanya sejenis ikan kecil namun untuk dijadikan target mancing tidak kalah menyenangkan sensasinya, tarikannya sering menimbulkan kerinduan tersendiri bagi banyak pemancing. Jika hasilnya banyak digorengpun tak kalah nikmat.
Berikut ini sekelumit pengalaman tentang mancing wader yang saya alami ditambah dari sumber lain yakni pakar mancing wader Jogja, Mas Dino dari Sleman, sejak kecil saya sudah senang mancing wader saat inipun masih senang mancing wader, apalagi bareng-bareng sama teman, wah mancing wader sungguh meriah.

Ada banyak jenis wader yang sering terpancing di sungai-sungai sekitar Jojga ini, ada wader cakul, wader kepek, wader pari dll.
Memancing wader tidaklah sulit, karena ikan wader selain hidupnya bergerombol makannya juga tergolong rakus, sehingga dimana ada kawanan wader begitu kita lemparkan umpan pasti langsung jadi rebutan hingga tak jarang ada yang sampai kecantol mata kail di ekor bahkan di matanya.

Untuk memancing wader sebetulnya tidak ada tehnik khusus, tapi bagi penikmat mancing tentunya memancing tidaklah sekedar mendapat ikan, tapi tentu ingin merasakan sensasinya. Berdasarkan pengalaman, fishing tackle yang dipergunakan akan menentukan kenikmatannya. Tips berikut ini bisa dicoba jika ingin merasakan sensasi mancing wader.

Joran :
Sebaiknya pergunakan joran tegeg yang soft atau medium taper panjang 2,4 atau 2,7 m ( disesuaikan dengan kondisi lokasi ) semakin lentur joran akan semakin sensitif merespon tarikan ikan wader yang ukurannya memang kecil kecil.

Line :
Pilih line mono yang sekecil mungkin ( mis. 0,1 atau 0, 12 mm ), line yang semakin kecil akan terasa lebih terasa nikmatnya mancing wader.

Hook :
Pilih mata kail carbon no. 0,5 – 0,8 . Mata kail yang terlalu besar akan kurang efektif karena ikan mudah mocel, memang dibutuhkan keahlian tersendiri untuk memasang mata kail no. 0.5 / 0,8 pada senar 0,1mm.

Pelampung :
Pilih yang model bulat memanjang dengan panjang kl. 3cm. Pelampung di sini selain berfungsi sebagai indikator saat umpan dibawa lari ikan juga supaya umpan menggantung di tengah air.

Pemberat :
Gunakan timah lipat yang tipis dengan ukuran 10 X 5 mm, berfungsi supaya umpan lebih cepat masuk ke dalam air. Gunakan sedikit saja, agar umpan cepat masuk namun pelampung tidak ikut tenggelam.

Umpan :
Karena wader termasuk ikan yang rakus, banyak jenis umpan yang bisa dipergunakan, seperti : cacing, pelet, nasi, roti, tahu bacem, bakwa, lumut dll. Namun saya seringnya menggunakan mie instan rebus tanpa bumbu sebagai umpannya, mie instan yang sudah lembek dipotong sedikit saja dan dikaitkan pada mata pancing, dan sesudahnya tinggal mencelupkan di air. Jika ikan sedang berkumpul, maka tarikan si wader bakal tiada henti. Strike terus............... mantap..!!


Ilustrasi : Adik saya, Wisnu (13) dan hasil mancing wader. (Foto:hagenk)

25 komentar:

  1. memang asyik mancing wader, dl sya paling malas klo disuruh mancing wader. setiap mancing di sungai or waduk klo dpt wader pasti jengkelnya minta ampun. eh sekarang malah sukses diracun wader sama saudara sya dr sleman. pasti om hageng kenal sama saudara sya itu.................

    BalasHapus
  2. Paling mas Dino itu... to??? Hehehehee...

    BalasHapus
  3. Little fish big strike, begitu kata penikmat mancing wader. Wader memang ikannya kecil tapi, tapi walaupun kecil dapat memberikan kenikmatan bagi pemancing dengan biaya murah, dan gak perlu jauh.

    BalasHapus
  4. mas kasih Spot2 mancing yang bagus dong terutama di jogja...

    BalasHapus
  5. Kalau ikan jenis uceng masih ada enggak ya di daerah itu?
    Saya paling demen mancing ikan kecil ya uceng itu...dlusuuuuuut cieng... klipik-klipik... asyik tenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Area mbonilan Purwomartani mas masih banyak 👌

      Hapus
  6. Wadere guede-guede tenan mas dab... dulu waktu kecil di tempat saya masih ada yg segitu, biasa disebut wader pari.. sekarang udah susah cari wader segitu gedenya..
    Salam mancing mas..

    BalasHapus
  7. Dinolist :
    Hehehehe pakare mancing wader turun gunung akhirnya...

    Suklowor :
    spot untuk mancing wader banyak di Jogja, salah satunya yang jadi favorit saya ada di daerah semingin godean, dan daerah sleman dekat pabrik sibalec itu..

    kicauan :
    yang banyak ucengnya di daerah semingin godean

    Mustfree :
    itu wader semingin kalau mau cari wader pari di sleman aja dekatnya Mas Dinolist itu...

    BalasHapus
  8. Wah tamabah pengetahuan lagi nih tuk mancing wader. Ada satu lagi umpan yang manjur tuk mancing wader yaitu laron. Tapi ya itu adanya kalau mau musim hujan saja.

    BalasHapus
  9. Nuwun sewu, Mas Hageng punya kontak no Hp atau email. Siapa tahu nanti kita bisa mancing bersama di Djogja.

    BalasHapus
  10. anak pantai:
    Wah...Mas suka mancing juga dekat pabrik sibalec, udah dekat dong sama rumah Bapakku.

    BalasHapus
  11. Mas, Semingin - Godean itu sama pasar Godean sebelah mananya ??

    BalasHapus
  12. mas hageng..maaf mo tanya semingin tuh godeannya mana..dan spot2 untuk mancing wader selain semingin dimana saja ya mas hageng nuwun ats infonya ya...

    totokrawidjati@ymail.com

    BalasHapus
  13. di semarang terutama di sungai kali garang ikan wader ternyata masih banyak, dan ada keasyikan tersendiri saat umpan dimakan ikan wader. rasanya gimana gituu....

    BalasHapus
  14. ikan wader kepeknya gede-gede banget di mana lokasi mancingnya.......


    wong bumen

    BalasHapus
  15. Umpan jitu buat wader didaerah jember-jatim menggunakan kroto (telur angkrang) dcampur getah ( apasaja asal putih) klo bisa getah kenitu muda. Mantap baget..
    Smoga bsa dterapkan di daerah anda.

    BalasHapus
  16. wah sungainya samping rumahku tuh pak....
    aku biasanya pakai umpan mie instant dihaluskan dgn blender trus campur air hangat dikit mantappp bro....

    BalasHapus
  17. gan klw pesen wader hidup dmna yaw

    BalasHapus
  18. Kalau beles pakai cung jos bro

    BalasHapus
  19. Kalau cara narik ikan wader yg strike itu ke samping, atas, atau ke belakang?
    Nariknya keras apa pelan???

    BalasHapus
  20. di sragen wader msh bnyk jg..umpan yg sy pakai roti bawang putih tempe busuk.

    BalasHapus
  21. jooss
    salam mancing mania
    umpan yang ampuh buat tawes apa yaa

    BalasHapus
  22. Di gombong ...wader gde susah di pancing mas bro...bagi s olusinya dooong...

    BalasHapus