Senin, 12 Januari 2009

Alternatif mancing laut di Jogja : Pasiran/Surf Fishing


Dinamika mancing di Jogja mempunyai banyak penggemar yang tidak terhitung jumlahnya, ada yang spesialisasi mancing di kolam, sungai dan laut. Dalam post berikut saya akan membahas salah satu teknik mancing di laut di sepanjang pantai di Jogja dan sekitarnya.

Salah satu teknik mancing di laut yang cukup banyak penggemarnya yakni mancing pasiran, atau istilah kerennya SURF FISING,

Surf fishing secara umum diartikan mancing dari pinggir pantai (baik dari pantai yang berpasir ataupun batu karang), dari dermaga, pier ataupun jetty. Akan tetapi yang akan dibahas di sini adalah mancing dari tepi pantai berpasir alias pasiran.

Para penggemar surf fishing atau pasiran yang memang merupakan pilihan dan atau faktor-faktor lain yang mempengaruhi sehingga memilih pasiran ini banyak jumlahnya karena lokasi mancing pasiran sangat banyak di Jogja ini, Mereka juga bisa sefanatik seperti para penggemar teknik mancing yang lain.

Piranti mancing yang digunakan

Reel :

Reel yang biasa dipakai untuk pasiran adalah spinning reel ukuran 4000 bahkan ada yang 10000. Sebenarnya spinning reel surfcasting ukuran 7000 atau ukuran 6000 untuk reel standar (bingung nyebutnya) cukup ideal. Ada baiknya pilihlah reel khusus surf casting agar mudah melempar umpan lebih jauh ke tengah. Ciri reel surf casting ini biasanya ditandai dengan bentuk spool yang panjang (long spool) dan dangkal. Mekanisme penggulungan senar pilih system wormshaft agar gulungan senar bisa tertata rapi di spool. Untuk merk banyak pilihan

Rod/Joran :

Rod standar untuk pasiran yang banyak dipakai adalah model teleskopik dengan panjang 12 feets -15 feets. Saat ini juga berkembang model rod yang terdiri dari 3 sambungan (3 section). Rod yang panjang lebih dari 3 m ini diperlukan agar bisa melempar umpan lebih dari 100m di sela-sela ombak yang memecah. Kelas rod M-MH dengan lure weight 80 – 150 gr adalah ideal.Rod 12 ‘ kelas medium action ideal dipakai apabila sedang musim ikan tombol, bojor, samangati, lawes, singgreng karena ikan-ikan ini berada relatif di pinggir.

Line/Senar :

Seperti pada umumnya senar yang diminati adalah yang berdiameter kecil dengan kemampuan besar. Senar mono 12 lbs sebenarnya sudah mumpuni mengingat sekarang jarang ada monster berkeliaran. Akan tetapi ukuran yang umum dipakai adalah minimal senar 20 lbs. Senar mono diameter 0.33-0.45 mm adalah ukuran paling nyaman dipakai sebab jika lebih dari 0,45 mm akan kesulitan waktu melempar dan pasti bergoyang keras apabila angin pantai diatas30 km/j sehingga sulit merasakan tarikan ikan di bawah 0,5 kg.

Sinker alias bandul :

Singker dilihat dari metoda rangkaian ada dua macam yaitu model oval dengan lubang di tengah dan model piramid/kerucut/lonceng. Apabila ada yang buat sinker model bagong juga boleh-boleh saja gak ada yang ngelarang he ehe he.Sinker lonceng dipakai untuk rangkaian renteng dengan posisi: singker- leader (dengan 2 sampai 5 rangkaian kail)- swivel-main line. Sedangkan sinker oval digunakan untuk rangkaian engkel yaitu kail- leader-swivel-sinker-swivel-main line. Pada rangkaian engkel sering ditambahkan live assist-hook (ini sih istilah saya aja biar keren) yaitu kail tambahan supaya umpan-sandflea/yutuk/undur2- tidak mudah lepas. Oops hampir lupa berat sinker antara 80 – 120 gr. Tergantung situasi dan kondisi waktu mancing dan jenis ikan.

Kail :

Kail menyesuaikan musim ikan. Apabila sedang musim bojor dan teman-temannya rangkaian renteng dengan kail ukuran 4-6 (carbon) sangat efektif. Seadangkan jika musim gatho dan megan yang masuk golongan lelembut..eh permit atau pompano pakai kail yang lebih besar antara ukuran 8 – 10.umpan paling efektif pakai yutuk gembur (lunak).

Umpan :

Undur-undur/sand flea/ yutuk yang merupakan umpan andalan (juga paling murah tinggal nyari di pasir. Undur-undur ini ada 3 jenis yang banyak dijumpai di pantai jogja yaitu: undur-undur beton (bentuknya seperti isi nangka), undur-undur caping ( oval, lebih lebar dan agak pipih seperti caping petani) dan undur-undur kethek (monyet) yang paling pipih di antara kedua jenis di atas dan di sebut kethek/monyet karena kaki-kakinya yang membuka ke arah luar. Undur-undur kethek ini mempunyai semacam kuku yang melengkung dan tajam pada kaki-kakinya.

Umpan lain yang biasa dipakai adalah cacing laut (sepingan), udang kupas, irisan ikan atau cumi.

Demikian sekilas tentang mancing pasiran/surf fishing yang sangat berkembang di jogja dalam mancing di laut.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba jika ingin mencobanya.


Mancing pasiran dan hasilnya : Bro Icoel Medan dan gatho (foto:isam)

Mancing pasiran dan hasilnya

Hasil mancing pasiran : Ikan Gatho (permit/pompano) 5 kg

Hasil mancing pasiran : Gatho Kecil dan Bojor
(foto : hagenk)

39 komentar:

  1. wah poto potonya bikin ngiler om... pengen banyak belajar soal mancing neh, tapi bingung..

    selain kantong mahasiswa, jg lom tau mana aja yg bisa ditanya.. dulu pas ke glagah begitu takjub ama pancing yang panjang² baru tau kalo itu namanya pasiran.. :D:D

    sapa tau bisa dicoba juga triknya buat dirumah (peseisir tuban + jarang karang)

    rangkaian kail, bandul nya ada yang spesifik ga yah om.. ples gambar gitu :D (biar ga sering nyangkut)

    BalasHapus
  2. Itu pic yang terahir ikan apa ya namanya yg panjang, kalo di sini disebut ikan cut

    BalasHapus
  3. mas Sekarang Spot yang bagus untuk pasirand dan karangan yang sedang bagus mana?

    BalasHapus
  4. Kalau mancing yang model begini, saya sangat-sangat tidak menolak huehehehehe.... Spotnya mana sekarang yang ramai Dab? Kapan nanti saya tak ngajak Dab Klowor. Dia yang ngajak saya masuk dan nonto blog ini. Asyik naaannn...

    BalasHapus
  5. mas besok kalo mancing ajak-ajak dunk, ojo meneng-meneng. Joranku anyar kemaren aku coba di Depok dapet Gatho kecilllll.

    salam hangat
    budi
    08562944387

    BalasHapus
  6. Mantabs mas... tulisannya bisa bikin pengen utk ngerasain mancing pasiran.. sayang belum punya modal dan kesempatan..
    Keep fishing n writing ya mas dab.. :-)

    BalasHapus
  7. ERCh :
    Rangkaian kail yang bisa dipakai untuk mancing pasiran ada dua, engkel : pancing-leader-swivel-timah-swivel- main line dan rangkaian renteng : timah - leader dengan 3-5 kumis, swiwel - main line...

    Cah angon :
    yang panjang itu disini disebut bojor, nama indonesianya kaca piring, nama internasional whitting ...

    Suklowor :
    Saya biasa pasiran di Pantai Garongan dan Karangwuni di Kulonprogo, alternatif lain di Depok dan kuwaru di Bantul
    Untuk karangan biasa di sekitar baron aja... tapi tempat lain juga banyak

    Kicauan :
    Silakan main ke jogja, siapa tahu nanti waktunya sama-sama oke jadi bisa mancing bareng...

    Budi Wongjogja :
    Kalau ada trip nanti tak kontak... suwun

    Mustfree :
    Nek arep mancing bareng gampang Dab, rasah bingung bab alat...

    Terimakasih semuanya...

    BalasHapus
  8. Salam Kenal om... kebetulan saya lagi seneng2nya mancing, cuma belum pernah mancing pasiran kayak gini.
    untuk lokasi tepatnya dimana ya om? rencana maret pertengahan besok saya ke jogja. yah kali aja bisa kopdar sharing & bagi2 ilmu nih... :)

    Trimakasih dan Salam...

    BalasHapus
  9. oiya, untuk peralatan pancing di jogja ada jual kan untuk tehnik pasiran? nama toko dan alamatnya apa ya om?

    Trimakasih lagi loh... :D

    BalasHapus
  10. Salam kenal...
    Wah asik juga baca artikelnya...
    Harus diakui memang asik mancing di perairan laut jogja... karena aku pernah mancing beberapa bulan lalu denga kawanku dipantai Ndepok Jogya...
    Meski Ikannya gak sampai naik ke pinggir tapi aku senang dengan Fight nya...
    samberan dan tarikannya... Makkkkkk Nyussss...
    Sukses buat wong Jogya...

    untuk kawan-kawan yang senang Popping/Casting n Jigging, Kapan-kapan mancing ke Bengkulu
    di jamin gak Nyeselll Deh..

    Handriansyah - Bengkulu

    BalasHapus
  11. Pak Dhe...long weekend kemaren tgl 7,8,9/03/09 aku coba di Karangwuni dari rumah ngaglik sleman sebelum subuh jam 3.30 pagi. Sampai TKP masih sendirian thingak-thinguk setengah jam kemudian bermunculan tuh pendekar-pendekar pasiran. Tapi kok air lautnya kayaknya udah gak pasang lagi. Akhirnya sampai setengah sebelas siang aku cabut....belum beruntung. Tolong infonya Pak Dhe jam berapa kira-kira air pasang? Atau kalau ada kontak person/ nomer telpon penduduk lokal daerah pantai jogja, biar bisa aku kontak kapan pasnya air pasang/surut? Blegitu..Pak Dhe. Matur nuwun infonya saya tunggu.

    Salam pasiran
    Budi
    0274-7004804
    08562944387

    BalasHapus
  12. pakde,,,aku amncing pasiran dijogja kok dapetnya "ikan aneh" ya?

    BalasHapus
  13. alow...
    salam kenal...

    ku wes sui mancing pasiran dparangtritis mpe depok....

    walhasil nothing striked the big fish...
    marai sters heee

    masak dari taon 2008 mpe 2009 ni lum pnh dapet yg lebih dari 4 kilo...

    kasih tau dung area spot yang bagus dijogja...

    kalo bisa sms ja ya..
    sapa tau bisa ketemuan kl pas 'on the beach' hee

    maturnuwun..

    salam
    0856 2858 517
    we

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mas,q pengen bngt ne ikutan mancing. .

    q se hobi bngt mancing,tp blm dpt komunitas mancing jd gak tersalurkan dech hobi q. .

    Klo emnk mas hageng serius untk ngajari n ngajak q mancing tolong di balaz aja ya coment q ne. .

    cp : 085246880066

    BalasHapus
  16. Mas2 pakar pasiran salam kenal ya, kalo mancing di parangtritis ada gak yang jual undur-undur buat umpan mancing, yang masih hidup lho bukan yang udah jadi rempeyek. Kalo ada dimana jualnya and siapa namanya juga nomor hpnya, berapa harga perekornya ... atas infonya saya ucapken matur nuwun sanget.

    BalasHapus
  17. Dari keterangan para suhu umpan yg paling efektif mancing pasiran adalah undur2 but ada yg pernah nyoba gak ya mancing pasiran pakai umpan buatan (lure) soale ombak pantai selatan khan selalu besar, berarti lure bisa menari-nari dengan sendirinya, nah bisa gak ikan ketipu sama lure ........

    BalasHapus
  18. lam kenal mas admin. aku udin di mbantul.
    saya seneng mancing di pantai. sering.
    nya se dipasiran. aku pgn ganti walwsan/joran supaya bisa nglempar bandul lebih jauh dari yg kupake sekarang si kobra kelenturen.nah merek apa yg kaku tapi tdk getas tur harganya gak terlalu tinggi yg panjangnya 4.5meteran
    trims

    BalasHapus
  19. Salam kenal Pak,sy agus dr blitar,ingin tanya dmana toko pancing yg menyediakan pancing garong bt mancing baronang?mohon petunjuknya.

    BalasHapus
  20. Salam kenal,salam manacing pasiran mania,saya dari Purworejo,hampir setiap hari saya mancing dengan lokasi mulai dari Congot sampai karang Bolang,ahir-ahir ini banyak orang yg mengeruk undur-undur untuk dijual kejogja,kalau begini terus menerus lama-lama habis,untuk itu bagi teman-teman yg peduli bagai mana caranya agar undur-undur disepanjang pesisir pantai Purworejo tidak diambil dengan jumlah yg banyak disamping itu agar habitat undur-undur tetap terjaga dan para pemancing pasiran tidak kesilitan mencari umpan.trimakasih

    BalasHapus
  21. Salam kenal pak. Saya mashud dr godean. Saya uda punya tackle pasiran, tapi jarang mancing e, krn blm bisa n masih cubluk, ha ha. Kalo berkenan, kalo pareng, mohon di bimbing pasiran. Nuwun.

    BalasHapus
  22. uh jadi pengen mancing di laut lagi neh....to temen temen yg mau coba mancing di pulau dua lampung di jamin ga nyesel deh.....salam strike.....sefrizal 085758886665

    BalasHapus
  23. wah ... ngeliatnya bikin hati gregetan selak pengen mancing. Walau blooong melulu, tapi kalau dah lempar bandul .... mak nyes rasanya

    BalasHapus
  24. spot yang bagus d wilayah pantai jogja mana ya om, lagi seneng pasiran nie tapi cuma dapet kecil-kecil

    BalasHapus
  25. Sip mas, bikin blog lagi biar tambah ilmu mas Hageng

    BalasHapus
  26. manttap,,pingin coba,,,cari piranti dulu,,bozz

    BalasHapus
  27. tempat beli peralatan pancing surf fishing dimana ya?.

    BalasHapus
  28. mantap pak.....
    salam kenal pak saya nirwan dari moyudan,sleman.....
    Pantai kuwaru mantap gan....

    BalasHapus
  29. maz2 senior, numpang nnya klo beli cacing laut dimana y mz? truz hargnya brapa ? nuwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut nyari,penjual cacing laut dimana ya..kalau ada infonya donk :-)

      Hapus
  30. mas, bulan-bulan yang baik untuk mancing pasiran kapan ya ?, soalnya kemarin saya nyoba mancing dari januari sampai maret cuma dapet gosong, gk ada yang ngembat umpan

    BalasHapus
  31. hoo mz, aku yo mung gosong tok til..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkwk, itu di pantai mana mas?, saya mancing di kota tulungagung, di pantai Sidem. Kemarin rabu 16 april saya mancing ke sana lagi ternyata udah musim ikan. Yang rakus Ikan Surung, sekali lempar langsung disambar.. Pulang-pulang lumayan dapet 4 segede tiga jari. Minggu depan paling mancing lagi. Targetnya anakan Ikan Panju yang lagi maen2 di muara.

      Klo dibanding di acara Mancing di TV emang ikan yang ke pancing dg teknik pasiran jauh bgt ukurannya. Tapi lihat aja mereka2 yang suka mancing di TV itu nyoba mancing dengan teknik pasiran, belum tentu dapet deh.wkwkwkwkkwk

      Salam Sentrek

      Hapus
  32. Kalo casting dari pinggiran bsa gak kang ?

    BalasHapus
  33. Mas, kalau buat fight sama iwak caru leader dibungkus/dililit pelindung/ atau pakai wire yang biasa dipake buat lure gak?
    Udah 2x baru sak kenyotan langsung putus leader, ukuran leader berapa yang imbang buat fight iwak caru (punyaku 0.32).
    Apa salah caraku retrieve, katane sirip + ekor caru tu tajam

    BalasHapus
  34. Thanks for info
    https://bit.ly/2QTudQW

    BalasHapus