Selasa, 13 Januari 2009

Alternatif Mancing laut di Jogja : Karangan/Rock Fishing


Salah satu keunikan lain kegiatan mancing laut di Jogja adalah mancing dari atas tebing berkarang/rock fishing di sepanjang pantai di Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak spot-spot mancing yang telah di ekplore oleh penggemar mancing laut di Jogja.

Keunikan mancing karangan/rock fishing ini adalah : dari sekali trip akan kita dapatkan tiga kegiatan menarik sekaligus, hiking, camping dan mancing. Hiking, karena untuk menuju ke suatu spot tertentu kita kadang harus berjalan menyusuri jalan setapak di sekitar lahan penduduk, tepi pantai, naik turun bukit dan baru nyampai lokasi. Camping, setelah sampai lokasi, kadang kita bermalam dengan beralas batu karang dan beratap langit, mau bawa tenda lebih sip. Dan tentunya mancing itu sendiri. Jadi bisa juga disebut sebagai salah satu jenis sportfishing. Selain itu, pemandangan indah yang menghampar di sekitar spot juga sungguh menarik.

Kebanyakan waktu yang dipergunakan untuk mancing karangan ini adalah malam hari, karena menurut pengalaman, di malam hari ikan-ikan besar banyak yang keluar untuk mencari makan. Kalau siang hari jarang ada report mancing karangan dapat ikan besar.

Berbagai jenis ikan bisa didapatkan saat mancing karangan, terutama sejenis kakap, ada kakap merah, kakap batu, kerapu, layur, barakuda dsb.

Teknik mancing karang/atau rock fishing ini kita melempar umpan dari atas tebing berkarang yang ketinggiannya bervariasai antara 5 m sampai dengan 20 meter tergantung lokasinya, setelah itu joran mau dipegangi atau cuma ditancapkan dengan sebuah "stand" di karang tersebut.. karena kebanyakan mancing malam hari, banyak penggemar mancing yang mengakalinya dengan memasang "stick light"/pospor di ujung jorannya sebagai indikator strike.

Ada dua macam rangkaian yang biasa dipergunakan oleh penggemar mancing karangan di jogja ini, yang pertama rangkaian jebluk/dasaran dan rangkaian apung/mengambang.

Piranti yang digunakan :

Joran/Rod :
Joran yang dipergunakan dalam mancing karangan/rock fishing ini kebanyakan joran yang panjangnya sekitar 4 meter, hard action/agak kaku. Bisa teleskopik atau yang 3 pieces.

Reel :
Reel yang dipergunakan biasanya yang ukuran besar, untuk menampung senar/line yang lumayan panjang

Senar/Line :
Senar yang dipakai pada awalnya kebanyakan menggunakan senar monofilament namun sekarang ini sudah banyak yang menggunakan benang PE dengan ukuran sampai 80 lbs. Senar mono yang masih dipergunakan biasanya berukuran minimal 0.60 mm.

Timah/Sinker :
Untuk mancing dasaran, timah yang dipakai biasanya berbobot minimal 100 gram.

Hook/mata pancing :
Mata pancing yang dipergunakan kebanyakan ukuran besar (No.20-26)

Umpan :
Umpan yang dipergunakan biasanya : ikan utuh (tongkol, kembung, banjar, belanak dsb) untuk target ikan besar yang dipasang pada rangkaian/rig bermata 3-5 mata pancing. Sedangkan untuk target ikan kecil bisa menggunakan umpan ikan tongkol/kembung fillet.

Rigging/Rangkaian :
Untuk mancing dasar biasanya mengunakan rangkaian sebagai berikut : pancing-neklin-swivel-timah-swive- main line, pancingnya minimal 3 biji agar umpan bisa terpasang sempurnya pada umpan utuh dan jika strike ikan kemungkinan hook up sempurna bisa lebih besar.

Untuk rangkaian kambang, rangkaian diatas timahnya diganti yang lebih kecil dan tinggal dikasih pelampung ber pospor sebagai strike indikator.

Selamat mencoba.

Ilustrasi : Mancing karangan di Jogja, lokasi di sekitar pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta


13 komentar:

  1. terima kasih mas Hageng buat artikelnya.. saya ingin bertanya mengenai harga peralatan untuk mancing karangan. budget sekitar berapa ya? saya tertarik sekali ingin mencoba..

    BalasHapus
  2. Mancing seperti ini pernah saya ikut di daerah mana ya, Sadeng apa mana....wuah... ikannya yang banyak namanya pojong... panjul... apa pa sih itu namanya.. Kalau di Semarang yang namanya jolong itu lho Dab...
    Karena nggak pengalaman mancing model begituan, cuma ngiler melihat pemancing2 setempat pada dapat ikan gedhe-gedhe meski mereka menggunakan blendrong manual.

    BalasHapus
  3. Julungjulung:
    Harga peralatan mancing karangan bervariasi, untuk joran yang standar menurut saya seharga 650 ribu keatas... reel yang murah meriah Banax SX 5000 seharga 450ribu... ditambah peralatan benang, pancing dan timah sekitar 100ribu udah dapat... silakan mencoba, yang lebih mahal banyak... hehehehe

    Kicauan :
    Mungkin yang dimaksud adalah ikan Panjo.. seperti ikan cucut itu to...

    BalasHapus
  4. Mas Hagenk, kalo saya mau nanya mancing karangan yg jenis sportfishing (casting, popping, ada spot yg bagus??
    Trus, peralatannya kelas berapa lbs??
    Trims.

    BalasHapus
  5. salam kenal mas hagenk, wah sekarang petualangan teman-teman jogjaangler semakin seru saja ya, jadi pengen ikut gabung nich.. :)

    Azwar Omahkulonfc

    BalasHapus
  6. berrrrrangkkkkkkkaaaaaaaaaaaaaattttttttttttttttttttttt...................

    BalasHapus
  7. iiiiiiikkkkkkuuuuutttttttttt...............

    BalasHapus
  8. Azwar : hehehe masih kalah petualangannya sama Omah kulon fishing club nih.. sekedar iseng aja kalau bisa membantu yang mau mancing di jogja ya sukur..hehehe

    Suara Petualang :
    Konco Mancing :
    Okeeeeeeeee... monggo...

    BalasHapus
  9. Pante mbocor kidul Kebumen lagi panen iwak kagetan (11/02/2010)biasanya cuma sekejap tapi sing munggah mangkiloan.

    BalasHapus
  10. wah mantap gannnnnn.....

    mksh atas infonya.

    tlg d tambah lg koleksi joran n ril2nya biar aq jg tau lbh bnyk,,, :D

    BalasHapus
  11. mantap mas bos,,,
    ada grup FBnya ga mas???? saya baru dijogja pengen tau spot2 yg bagus buat mancing,,
    tolong di email ya mas bro, ke yasha_shinigami@yahoo.com. kalo mas ke papua nanti gantian saya yang ngasih info deh, hehe.. :D mohon bantuannya mas,

    BalasHapus