Rabu, 14 Januari 2009

Mancing Baronang di Jogja

(Baronang Batik 10 jari bobot 1,5 kg hasil negeg tanggal 16 Januari 2009 di Gunungkidul DIY)
.....foto-foto yang lain di bawah....


Disamping mancing waderan, mancing karangan, mancing pasiran dan teknik mancing lain yang telah berkembang di Jogjakarta, ternyata ada satu teknik mancing lagi yang mulai dilirik untuk dicoba yakni mancing baronang. Ikan baronang termasuk ikan kecil namun tarikannya saat terkena pancing sangat dahsyat...

Geliat mancing baronang ini dimulai pada saat pemancing Jogja kedatangan dua sahabat pemancing dari Negeri Batam, sebut saja namanya Om Nico dan Om Arif, keduanya datang ke Jogja untuk memperkenalkan teknik mancing baronang dengan bumbu-bumbu kenikmatan dan sensasi mancing baronang yang dahsyat itu, saking ngebetnya memperkenalkan (baca:ngracun!) mereka juga memberikan beberapa alat mancing baronang sekaligus, dan kamipun memperhatikan dengan seksama cerita tentang mancing baronang yang katanya dahsyat tersebut.

Lama kelamaan kami-kami, pemancing di Jogja ini tertarik ingin mencobanya dan sampai saat ini sudah lumayan sering mancing baronang dan hasilnya pun tidak mengecewakan, hasil mancing baronang untuk akhir tahun 2008 dan awal tahun 2009 ini merupakan hasil yang terbaik di Indonesia dalam hal bobot hasil tangkapan. Banyak rekan pemancing baronang dari luar kota telah berkesempatan merasakan tarikan baronang Jogja ini. Salah satu spot mancing baronang yang sangat berpotensi adalah di pantai selatan wilayah Gunung Kidul DIY.

Dari pengalaman mancing dan bertanya-tanya pada pakarnya (pakar mancing baronang) serta dari referensi yang ada, Ikan baronang atau dalam bahasa internasional dikenal dengan nama Rabbit Fish ada beberapa jenis:

1. Siganus Guttatus or Orange Spotted Spinefoot, or in Indonesian Baronang Tompel.
2. Siganus Javus or Streaked Spinefoot, or in Indonesian Baronang Angin.
3. Siganus Canaliculatus or White Spotted Spinefoot, or in Indonesian Baronang Susu / Lingkis.
4. Siganus Virgatus or Barehead Spinefoot, or in Indonesian Baronang Kea2 / Kalung.
5. Siganus Stellatus or Brown Spotted Spinefoot, or in Indonesian Baronang Lada.
6. Siganus Vermiculatus or Vermiculated Spinefoot, or in Indonesian Baronang Batik.

Berdasar pengalaman mancing baronang dan dari bertanya kesana-kemari, mancing baronang merupakan teknik mancing yang membutuhkan skil tersendiri, kemampuan membaca getaran pelampung saat umpan lumut dimakan ikan sangat mempengaruhi hasil pancingannya. Kadang getaran pelampung itu sangat keras sehingga bisa langsung digentak aja jorannya, kadang juga sangat halus hingg kita tidak tahu kalau umpan sudah dimakan ikan.

Secara umum untuk mancing baronang perlu disiapkan piranti sebagai berikut :

Joran/Rod
Tegek
Joran yang dipilih oleh mania mancing baronang adalah joran tegeg, sebuah joran panjang tanpa line guide, pemilihan joran tegeg ini dimaksudkan agar sensasi mancing baronang lebih terasa, fight dengan ikan dalam keterbatasan panjang senar memicu adrenalin meningkat kata mereka yang sudah getol mancing baronang.
Joran/tegeg yang cocok adalah yang karakternya fast action. Kekuatanya medium-hard (medium carbon,hi carbon,super carbon) panjang yang paling ideal antara 4 – 5.4 meter. Selain joran tegek bisa juga menggunakan joran biasa atau juga handline, biasanya untuk mancing dengan kedalaman air diatas 7 meter, seperti di bagan, dermaga, di atas perahu. Joran dengan kualitas yang baik semoga hasilnya bisa lebih baik

Senar/kenur
Ukuran kenur yang dipakai menyesuaikan dengan target yang akan ditangkap, jika suatu tempat berpotensi banyak baronang besar gunakan line ukuran lebih besar, untuk di Jogja ini menggunakan line 0,40 mm pun masih mau dan bisa, penggunanan panjang senar pada joran tergantung kedalaman air di lokasi mancing,bisa 1/2 joran,2/3 joran,3/4 joran

Pancing Garong dan Engkel
Pada umumnya pemancing baronang menggunakan pancing garong buatan sendiri karena bisa memilih jenis, merk, size, kekuatan bahan mata kail, bisa menggunakan mata kail biasa atau carbon atau udah jadi beli di toko pancing.

Pelampung
Pelampung digunakan untuk mengetahui apakah umpan sedang dimakan ikan atau tidak, jika bergetar biasanya sedang dimakan, kadang juga tidak bergetar hanya berputar, kemampuan untuk membedakan getaran pelampun ini membutuhkan ketrampilan tersediri, perlu berlatih. Namun jika tidak yakin apakah umpan sedang dimakan ikan atau belum, tidak ada salahnya langsung digentak aja.. spekulasi.. kata pemancing-pemancing baronang istilahnya GGB : Gentak Gak Bayar, gitu!!

Umpan
Umpan yang dipergunakan untuk mancing baronang di Jogja ini adalah lumut hijau, atau rumput laut hijau, ada juga yang menggunakan jeroan/hati ikan laut yang dipotong kecil-kecil. Umpan lumut ijo biasanya dipergunakan saat menggunakan mata pancing garong, umpan hati ikan saat menggunakan pancing engkel (satu mata pancing). Di daerah lain umpan yang sering dipakai antara lain, lumut merah, lumut ijo juga, udang kupas, cumi iris, nasi lumat bahkan sampai kue-kue yang terbuat dari terigu sepeti bakwan, dsb.

Inilah foto-foto hasil mancing baronang di Jogja, lokasinya di salah satu pantai di Pantai Selatan Wilayah Gunung Kidul. Kolaborasi JogjAngler (komunitas pemancing jogja) dan pemancing baronang luar kota Yogyakarta.



Somel, berpose dengan baronang batik

MasTok dan baronang batik 11 jari bobot 1,8 kg

Kenzo dan baronang batik 9 jari bobot 1,150 kg

Om Dedy Unilon Surabaya, dengan batik bobot 1,2 kg

Wieby Semarang dan baronang tompel 7 jari

Ayub Semarang dan baronang tompel 6 jari

Saya dan baronang batik 7 jari

Om Hamzy Tangerang dengan baronang batik 10 jari bobot 1,6 kg.

Hasil mancing baronang dalam sehari, tanggal 29 Desember 2008
Foto-foto : hagenk

21 komentar:

  1. weleh sip tenan dabs.
    rencana tgl 5-8 pebuary aku blom bisa di pastikan nih mencoba cari sim nya dulu he he he

    BalasHapus
  2. Dab, lokasi mancingnya di mana ini? Kok foto2nya dah dekat dengan rumah2an, apa memang dekat dengan lokasi pendaratan kapal?

    Salam

    BalasHapus
  3. Lokasi di Pantai Dermaga Sadeng Gunungkidul, udah banyak penghuni disana, warung banyak, dan benar sekali Sadeng adalah lokasi pendaratan kapal.

    BalasHapus
  4. Wah mak nyuss tenan, sayang lokasi mancingnya jauh tenan di Sadeng perbatasan Jatim, kalo dermaga Glagah dah jadi ada baronangnya gak ya kan deket dari Yogya, ayo para suhu coba mancing baronang di dermaga Glagah aku mau ikutan ...

    081 578 7020 89

    BalasHapus
  5. mau tanya kalo bulan ini bagus ngga u mancing baronang? lokasi dimana? trims

    BalasHapus
  6. nex mancing ngajak2 donk maz,
    aq pengen belajar mancing di laut e.
    smez ke no;085729371579.
    tak tunggu..
    thanks..

    BalasHapus
  7. Mantep om baronangnya....
    jogja angler gak ada matinye...
    salam mancing

    BalasHapus
  8. Dab ono kisah negek neng Karangbolong? Kayane sip tenan.

    BalasHapus
  9. Baronangnya monster2 Om... Wah, Sadeng mantap ya???? Jd pengen mbaronang di sana...

    BalasHapus
  10. Matur nuwun semuanya, M Dahlan, Dafie, Asep...
    mohon maaf baru muncul nih.. maaf kalau telat jawab dan tidak jadi jawab karena terbatas waktu..

    Dermaga glagah belum kelihatan ada baronangnya ato tidak...

    Ipung : Karang bolong belum pernah nyoba kalau ada kesempatan mancing ke sana nyoba mancing baronange bisa tuh...

    Mike : Kalau pingin ke Jogja monggo..

    BalasHapus
  11. mas saya bram dari kota gede umur 28 kalo mancing boleh ikut gak ? 0274 7009475/452164 postingan anda bagus.Selama ini saya mancing gak pernah dapet yg gede gede baik di laut/sungai soalnya masih kurang ilmu.Pengen belajar nih.

    BalasHapus
  12. Mas Hageng, aku kepingin mencoba nggarong baronang di sadeng. jalur masuknya dari daerah Karang mojo kan ? Kapan dong biasanya waktu yang tepat saat ikan pada galak? Lumutnya dilokasi ada apa gak Mas? Carinya dimana? Wah......mbrubul pertanyaannya, sorry. Matur nuwun.

    BalasHapus
  13. Bramiyus :
    Monggo aja kalau mau mancing bareng, HP 08112504737 siap dikontak, asal ada waktu selo saja siap mancing bareng...

    Kang panut :
    Monggo aja kalau mau mencoba negeg baronang, tarikannya mantap banget, lebih mantap dibanding tarikan ikan lainnnya, jalur sadeng, Wonosari lurus ketimur, perempatan semanu kiri..ikuti jalur nanti ada petunjuk ke sadeng, atau kalau bingung pas ada persimpangan nanya aja pasti ditunjukkan. Biasanya musim hujan baronang galak, umpan lumut bisa cari di pantai kukup..

    BalasHapus
  14. salam mas Hegeng...smg sllu Sehat2 saja & sejahtera dlm Lindungan Tuhan Yang Maha Esa amin..saya Totok Rawi Djati....seneng mancing..tp baru ajaran..mohon bimbingannya...maaf sebelumnya neh Mas Hageng..ikan baronang tu jenis ikan yg hidupnya di air apa...maksudnya populasi terbanyaknya di daerah mana....trs umpan selain lumut paling bagus tuk mancing baronang apa ya mas...mohon petunjuknya..karena baru ajar mancing neh..Nuwun atas Infonya ya Mas Hegeng salam sehat& sejahtera sllu tuk kita semua...

    totokrawidjati@ymail.com
    081804166844

    BalasHapus
  15. wah mantap euy. baronang babon dari yogya... lanjutkan

    BalasHapus
  16. Jual Shimano Tiagra 80WA + Electric Motor Drive nya 100% NEW = 13 JT Nego. (Stock 1 pcs)
    Shimano Stella FD4000 100% NEW = 6 JT Nego. (Stock 1 pcs)
    Daiwa Saltiga SA-Z4000 100% NEW = 6JT Nego. (Stock 2 pcs)
    Reel Merk Mitchell 300XGe 100% NEW = 500 ribu. (Stock 8 pcs)
    Minat SMS/Call : 081 80561 4545
    YM : bangtower@yahoo.com

    BalasHapus
  17. mas hageng ke sadeng yukkkk..... kita negek bareng... hehehehhe

    BalasHapus
  18. gan ini lumut ijonya lumut tawar apa lumut apa,,,,

    BalasHapus
  19. Salam kenal.....saya pemancing air tawar dan laut...mulai air tawar wader, nila, gabus dan cadting hampala.
    Sedangkan laut muli botom, popping, trolling maupun loncer. Saat ini baru belajar dan gandrung sama mancing baronang
    Bagi teman2 yg mau berteman oke mari sama sama cari senang garonanger.
    Posisi terakhir 2 kali keberangkatan di dermaga pacitan yaitu ditamperan dapat baronang jalu 9 jari. Kalau setuju bagi teman2 yuk mancing bareng dikarimun jawa...baronangnya super2....monggo yg mau
    Seduluran 081329769977

    BalasHapus