Jumat, 30 September 2016

JORAN PORA BREGODO PASIRANER JOGJA







Eratnya persahabatan antar pemancing dalam sebuah grup di media sosial memungkinkan munculnya ide-ide kreatif di dalamnya. Seperti halnya Grup Pasiraner Jogja, sebuah grup mancing yang anggotanya adalah pemancing-pemancing pantai atau lebih dikenal dengan sebutan pemancing pasiran selalu memunculkan ide kreatifnya dalam berkegiatan. Tidak hanya memancing bersama, Grup Pasiraner Jogja telah menciptakan tradisi baru manakala ada anggotanya yang melangsungkan pernikahannya yakni dengan mengadakan upacara Joranpora seperti upacara pedangpora dalam dunia militer.

Di dunia militer baik tentara atau polisi saat melangsungkan pernikahan khususnya perwira, ada satu upacara yang selalu dilakukan untuk memberikan penghormatan manakala seorang anggota melepas masa lajangnya sekaligus memperkenalkan pasangan dalam dunia militer.

Seakan tidak ingin kalah dalam penyambutan rekan pemancing yang melangsungkan pernikahannya, Bregada Pasiraner Jogja juga mengadakan Upacara yang seperti pedang pora namun gapura yang digunakan adalah senjata andalan para pemancing yaitu joran sehingga dinamakan "Joran Pora" pada saat saah satu rekan mereka Eko Prasetyo mengadakan resepsi pernikahannya dengan Angelina Intansari di Prebutan, Semin Gunung Kidul, Kamis (29/9)

Koordinator acara ini, Kinomen mengatakan Gapura Joran Pora & Pagar Kehormatan adalah suatu formasi yang memiliki bentuk berupa lorong joran, gapura joran dilaksanakan pada saat kedua mempelai pengantin akan melewati formasi tersebut. Gapura joran merupakan sebuah lambang penghormatan kepada kedua mempelai pengantin yang memasuki kehidupan berumah tangga.

Dari ide awal yang digulirkan ternyata mendapat sambutan yang meriah dari reka-rekan grup Pasiraner, sejumlah pemancing pasiran lengkap dengan senjata mereka joran panjang 420-450 cm dan keyakinan penuh membuat sebuah gapura joran lengkap dengan seragam kebesaran Grup Pasiraner dan perlengkapan mancing lainnya seperti topi serta sepatu mancing.

Eko Prasetyo dan Istrinya Angelina Intansari menganggap penyambutan rekan-rekan pasiraner ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan sanggup memeriahkan resepsi pernikannya yang dianggapnya diadakan secara sederhana.

" Rekan-rekan Pasiraner Jogja ini luar biasa, berkat kalian acara yang biasa ini menjadi lebih istimewa, dan ini merupakan kenangan yang sangat indah, saya mewakili keluarga mengucapkan terimakasih atas partisipasinya dalam acara pernikahan saya keluarga sangat senang terharu kagum bahkan masih banyak perasaan2 yg bahkan tidak bisa diungkapkan dengan kata2 semoga panjenengan semua diberi keselamatan panjang umur sehingga di lain waktu kita bisa berkumpul di acara selanjutnya " Kata Eko Prasetyo.

Upacara Joranpora ini sudah berlangsung kedua kalinya, yang pertama berlangsung tahun lalu saat salah seorang anggota grup Pasiraner Jogja Gus Nanang Purwanto melangsungkan resepsi pernikahannya di Sleman. (Hg)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar