Kamis, 28 November 2013

2nd INDONESIAN FLY FISHING TOURNAMENT- Juara I Fly Fishing Gratis ke Sabah Malaysia-


Setelah sukses pada penyelenggaraan pertama pada bulan Desember tahun 2012 lalu, perhelatan Indonesian Fly Tournament yang ke dua kembali dilaksanakan, masih di lokasi yang sama yakni di Waduk Kedungombo, Solo. Namun untuk spot mengalami perubahan dipilih lokasi yang lebih menjanjikan dengan keberadaan ikan target yakni Ndolmo atau Five Spotted General (Hemicromis Elongatus) yang lebih melimpah sehingga perolehan hasil mancing peserta juga meningkat tajam.

Turnament Fly Fishing ini diikuti oleh 50 fly fisher dari berbagai daerah baik yang tergabung dalam klub maupun perseorangan yakni East Java Fly Fising (EJFF), Jogja Fly Fishing (JFF), Jakarta Fly Fishing Club (JFFC) , Thole Angler Jogja , Kaipang Semarang, Anung Tea (Jogja/Osaka-Japan), serta rekan-rekan dari Lampung dan Purwokerto.

Dalam Indonesian Fly Fishing Tournement ke dua ini, Aryanto Putra seorang fly fisher muda asal Kota Pekalongan yang tinggal di Salatiga meraih juara pertama dengan perolehan 37 ikan Ndolmo dan berhak atas hadiah utama yakni Tour Fly fishing gratis ke Sabah Malaysia. Hadiah ini merupakan sumbangan dari sesepuh fly fishing Indonesia yakni Lim Hock Jin asal Jakarta.

Sementara itu juara kedua diraih oleh fly fisher Yogyakarta, Dhian Indriyanto dengan hasil tangkapan 32 ekor ikan ndolmo dan berhak atas hadiah Gesit bamboo fly fishing set + reel sumbangan Fly Fisher Solo Zen Ahyar. Sedangkan juara III diraih oleh Andhy Subiyantoro dengan perolehan 29 ekor ikan ndolmo dan mendapatkan alat fly tying dari panitia.
Menurut salah seorang Panitia, Ivan Gunadi, Perkembangan Fly Fishing di Indonesia belakangan ini meningkat cukup signifikan , tidak hanya rekan-rekan di perkotaan saja, bahkan sudah masuk di daerah-daerah. Peningkatan ini termonitor dari banyaknya user social media (dalam hal ini Facebook) yang meminati Fly Fishing sehingga turnament ini kembali dilaksanakan untuk mengumpulkan fly fisher yang ada.

“Dari sini lah timbul keinginan untuk dapat mengumpulkan rekan-rekan Fly Fisho yang ada, dan tujuan awal kami tidak muluk-muluk hanya ingin mengumpulkan rekan-rekan di seputaran Jogja, Solo, Semarang (JOGLOSEMAR) khusus nya dan yang ada di Pulau Jawa pada umum nya. Yang penting kumpul” Kata Ivan Gunadi mewakili panitia

Dan pada turnamen tahun ini yang baru saja berlangsung pada tanggal 17 November 2013 yang diikuti sekitar 50 peserta, tetap menggunakan format asli: Turnamen kecil-kecilan dan sederhana juga tidak menggunakan aturan yg rumit dan di laksanakan secara gotong royong. Perbedaan nya dgn tahun lalu adalah kali ini antusias peserta ternyata sangat-sangat meriah, ini terlihat dari daftar peserta yang sudah bukan lagi dari JOGLOSEMAR saja, tetapi sudah meliputi Jawa Timur , DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung.

“Kami yakin bahwa tanpa dukungan rekan-rekan semua, turnamen ini tidak akan dapat berlangsung meriah seperti hari Minggu kemarin. Turnamen kedua kali ini jauh lebih meriah dari turnamen yang pertama” tambahnya.

Dalam pelaksanaan nya juga tercatat peningkatan di berbagai faktor dibanding tahun lalu. yakni : 1) Jumlah peserta yang meningkat banyak, bisa dikatakan 2 kali lipat dari tahun kemarin. 2) Hasil tangkapan yang jauh melebihi perkiraan kami. 3) Pelaksanaan lomba yang jauh lebih tepat waktu, tahun kemarin dimulai terlalu siang, kali ini hanya mundur sekitar 1jam dari waktu yang di jadwal kan, itu pun hanya karena terkendala lalu lintas menuju spot yang cukup padat sehingga memaksa beberapa kendaraan peserta tertinggal jauh dibelakang, sehingga rombongan terdepan harus menunggu beberapa saat. 4) Hadiah dan doorprize yang semakin banyak dan meriah.


Selain peningkatan seperti yang tersebut diatas, Panita menyatakan tentunya juga ada beberapa kekurangan lain yang telah kami catat dan akan kami evaluasi. Dan hasil kesemuanya (baik peningkatan dan kekurangan) akan di jadikan acuan untuk turnamen berikut nya supaya dapat terlaksana lebih baik lagi.

“Turnamen kali ini adalah prestasi untuk semua Fly Fisher di Indonesia, bukan cuma hanya kami sebagai panitia. Prestasi ini milik semua!! Ya.. Semuaa..!! Karena tanpa rekan-rekan semua, kami ber empat ini tidak akan mungkin dapat melaksanakan turnamen ini.” tandasnya.

Panitia juga berharap tahun depan turnamen dapat di ikuti lebih banyak lagi peserta dari berbagai propinsi dan tentu nya juga hadiah - hadiah yang lebih meriah lagi. Ini adalah target kerja keras panitia untuk penyelenggaraan tahun depan. Tak ada gading yang tidak retak, kami selaku panitia mohon maaf sebesar-besar nya atas segala kekurangan, kesalahan dan keteledoran kami dalam melaksanakan event ini serta dalam melayani rekan-rekan semua mulai dari tiba di Solo hingga selesai nya acara.

Tidak lupa panitia yang hanya terdiri dari empat fly fisher yakni Lilik, Zen Ahyar, Danny Saputra, Ivan Gunadi selaku panitia 2nd Indonesian Fly Fishing Tournament ( 5 Star General fish a.k.a Ndolmo Fly Fishing Tournament ) mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besar nya kepada para sponsor : Lim Hock Jin , Fajar Setyawan, Sandi Indrawan, Hendra Canno, Nico Prasetyo, Irawan Nurgroho, Fredy Hartono.

Dibawah ini adalah daftar 10 besar peserta 2nd IFFT WKO 17 November 2013 :

1. Arianto Putra ( PKL ) dgn hasil tangkapan 37 ekor. Pattern : Gurgler
2. Dhian Indriyanto ( JOG ) dgn hasil tangkapan 32 ekor. Pattern : Spoon
3. Andy Wonosh ( JOG ) dgn hasil tangkapan 29 ekor. Pattern : Spoon
4. Arif Novrizal ( JOG ) dgn hasil tangkapan 24 ekor. Pattern : Charlie
5. Joko Waluyo ( SMG ) dgn hasil tangkapan 23 ekor. Pattern : Charlie
6. Dionisius Hageng ( Kulonprogo ) dgn hasil tangkapan 21 ekor. Pattern : Charlie
7. Rumah Grafis Jogja ( JOG ) dgn hasil tangkapan 21 ekor. Pattern : Spoon
8. Nando Gondrong ( Lampung ) dgn hasil tangkapan 15 ekor. Pattern : Charlie
9. Anang Arisetiawan ( SMG ) dgn hasil tangkapan 13 ekor. Pattern : Gurgler
10. Anung Tea ( JOG / OSAKA - JAPAN ) dgn hasil tangkapan 13 ekor. Pattern : Spider

Salam Jaya Fly Fishing Indonesia.. Tight Lines.. !!!

(D. Hageng Nugroho/peserta 2nd Indoensia Fly Fishing Tournament) 

Juara 2nd Indonesian Fly Fishing Tournament berfoto bersama Panitia

Seluruh Peserta 2nd Indonesia Fly Fishing Tournament

Penulis dan 21 ekor ikan Ndolmo hasil tangkapannya.

the live report video by Anung Tea 

3 komentar: